6 Manfaat Buah Loquat yang Baik untuk Tubuh

Azelia TrifianaDitinjau olehdr. Anandika PawitriBuah loquat atau buah biwa kaya dengan provitamin ABuah loquat atau buah biwa kaya dengan provitamin AWarnanya kuning, dengan bentuk bulat, dan berasal dari China. Itulah buah loquat, yang dikenal berkhasiat melindungi tubuh dari penyakit. Kelebihan lain dari buah berbentuk bulat ini adalah kaya akan vitamin mulai dari provitamin A hingga beberapa jenis vitamin B.Rasa dari buah loquat adalah manis dengan sedikit asam. Semakin matang buahnya, akan semakin manis pula rasanya. Ciri-ciri buah yang telah matang adalah berwarna kuning atau oranye, bergantung pada jenisnya.

Kandungan nutrisi buah loquat

Dalam 149 gram atau 1 cangkir buah loquat, terkandung nutrisi berupa:

  • Kalori: 70
  • Karbohidrat: 18 gram
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 3 gram
  • Provitamin A: 46% AKG
  • Vitamin B6: 7% AKG
  • Vitamin B9: 5% AKG
  • Magnesium: 5% AKG
  • Potasium: 11% AKG
  • Mangan: 11% AKG

Kandungan vitamin, mineral, dan juga antioksidan di dalam buah dengan nama lain Eriobotrya japonica ini membuatnya memiliki beragam khasiat untuk tubuh.

Manfaat loquat

Beberapa manfaat mengonsumsi buah yang dianggap langka ini adalah:

1. Mengandung Antioksidan

Di dalam buah loquat terdapat antioksidan berupa karoten, termasuk betakaroten. Semakin gelap warna kulitnya, artinya kandungan karoten di dalamnya pun lebih tinggi.Karoten ini juga berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh. Artinya, peradangan bisa berkurang sekaligus melindungi tubuh dari penyakit jantung.

2. Potensi menyehatkan jantung

kakek memegang dada

Loquat mengurangi risiko serangan jantungKonsentrasi vitamin, mineral, dan antioksidan dalam buah loquat berpotensi menyehatkan jantung. Utamanya, kandungan potasium dan magnesium yang bisa mengendalikan tekanan darah serta mengoptimalkan fungsi pembuluh darah.Karoten memiliki efek antioksidan sekaligus anti-peradangan yang bisa mencegah penumpukan plak di pembuluh darah. Ini bisa jadi pemicu terjadinya penyakit jantung atau kematian yang berkaitan dengan kondisi ini.Bukan hanya itu, kandungan karoten dan phonelic dalam loquat juga bisa melindungi dari penyakit jantung. Mereka bekerja dengan mencegah peradangan serta melindungi sel dari kerusakan.

3. Potensi mencegah kanker

Beberapa penelitian menyebut bahwa ekstrak kulit, daun, dan biji buah biwa ini bisa mencegah kanker. Kandungan air dan ekstrak etanol dari loquat secara signifikan menghambat kerja sel kanker pada hewan coba tikus. Hal ini memang menjanjikan namun harus dilakukan uji klinis yang lebih seksama.

4. Baik untuk metabolisme tubuh

Secara bersamaan, buah dengan warna kekuningan ini bisa menurunkan level trigliserida, kadar gula darah, dan juga insulin. Bahkan dalam pengobatan tradisional China, bagian dari pohonnya seperti daun dan biji sejak dulu digunakan untuk mengatasi keluhan seperti kadar gula darah tinggi.

5. Potensi mencegah peradangan

Peradangan kronis bisa menyebabkan beragam penyakit seperti penyakit jantung, penurunan fungsi otak, hingga diabetes. Menariknya, konsumsi buah ini rupanya mengandung khasiat anti-peradangan.Dalam sebuah studi, jus loquat secara signifikan meningkatkan kadar protein anti-peradangan yaitu interleukin-10 (IL-10). Di saat yang sama, kadar protein penyebab peradangan yaitu interleukin-6 dan tumor necrosis factor alpha pun menurun.Potensi ini berkaitan erat dengan kandungan antioksidan, vitamin, dan juga mineral di dalamnya. Meski demikian, perlu penelitian lebih lanjut terkait khasiat ini pada manusia.Berbeda dengan jeruk kumquat yang bisa dengan mudah ditemukan di toko buah, loquat lebih jarang. Bahkan, bisa dibilang buah yang juga dikenal dengan nama buah Biwa dan Anggur Karo ini, termasuk langka. Alasan mengapa Anda tak bisa menemukannya dengan mudah di supermarket adalah karena daya tahannya sangat singkat.Meski demikian, tak ada ruginya mengonsumsi buah biwa ini karena manfaatnya untuk kesehatan. Rasanya manis dan sedikit asam. Pilih buah yang sudah benar-benar matang dengan warna oranye cerah.

Baca Juga

6 Cara Mempercepat Proses Pencernaan Makanan8 Manfaat Peterseli, Bumbu Dapur yang Punya Berbagai Khasiat KesehatanMengenal Berbagai Manfaat Olahraga Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Catatan dari SehatQ

Bagi yang sedang menjaga asupan kalori, tak perlu khawatir. Buah loquat termasuk rendah kalori namun memiliki segudang nutrisi berupa vitamin, mineral, dan senyawa anti-peradangan.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut makanan apa saja yang dapat melindungi tubuh dari penyakit seperti halnya buah ini, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-buah-loquat-yang-baik-untuk-tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *