Yakin Masih Mau Malas Olahraga? Ini 5 Manfaat Rutin Olahraga

Penulis Ariska Puspita Anggraini | Editor Ariska Puspita Anggraini KOMPAS.com – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi telah mempengaruhi sekitar 264 juta orang di seluruh dunia.

Penyakit mental yang sering disepelekan ini bisa berubah menjadi masalah kesehatan yang serius.

Meskipun psikoterapi dan pengobatan efektif, ada satu pengobatan untuk depresi yang gratis dan tersedia secara universal, yakni olahraga.

“Olahraga tidak hanya membantu meredakan depresi, tetapi juga dapat memiliki banyak manfaat kesehatan,” ucap dokter pengobatan integratif Irina Todorov.

Rutin olahraga terlah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, menyeimbangkan kolesterol, membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Baca juga: Konsumsi Suplemen Baik Untuk Kesehatan Mata, Benarkah? Selain itu, olahraga juga membantu kita mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Yang spesial dari olahraga adalah manfaatnya untuk menurunkan tingkat stres, meningkatkan suasana hati, serta mengurangi risiko kecemasan dan depresi.

Berikut lima alasan mengata olahraga baik untuk kesehatan mental:

1. Meningkatkan suasana hati Menurut data CDC yang dirilis pada 2019, 4,7 persen orang dewasa berusia 18 tahun atau lebih memiliki perasaan depresi yang teratur.

Gaya hidup stres tinggi cenderung menjadi sumber utama depresi. Halaman Selanjutnya Suasana hati itu penting.

Peningkatan… Halaman: 1 2 Show All

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Yakin Masih Mau Malas Olahraga? Ini 5 Manfaat Rutin Olahraga”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2021/04/11/181000368/yakin-masih-mau-malas-olahraga-ini-5-manfaat-rutin-olahraga.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *