6 Cara Mendinginkan Ruangan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Nenti Resna Ditinjau oleh dr. Reni UtariSalah satu cara mendinginkan ruangan adalah membuka jendelaMembuka jendela dapat membantu mendinginkan suhu ruanganTable of ContentCara mendinginkan ruangan yang bisa Anda lakukanManfaat ruangan yang sejuk bagi kesehatan Anda dan keluargaKondisi ruangan yang pengap dan panas dapat mengganggu segala aktivitas penghuninya, termasuk tidur. Untuk mencegah atau mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan sejumlah cara mendinginkan ruangan supaya jadi lebih sejuk dan kondusif.

Cara mendinginkan ruangan yang bisa Anda lakukan

Mulai dari memasang alat pendingin ruangan atau lewat metode-metode alami, berikut adalah cara membuat ruangan sejuk dan dingin yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan pendingin udara

Cara mendinginkan ruangan yang paling mudah dan efektif adalah menggunakan pendingin ruangan atau AC. Jika AC berfungsi dengan baik, tentunya ruangan bisa menjadi lebih dingin dalam hitungan menit saja.Akan tetapi, ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan sebagian orang enggan menggunakan AC sebagai cara membuat ruangan dingin, di antaranya tarif listrik yang tinggi, dampaknya terhadap lingkungan, hingga alasan kesehatan.

2. Menggunakan tirai pada jendela

Saat cuaca di luar sedang panas dan terik, Anda bisa menutup tirai jendela sebagai cara membuat ruangan sejuk dan dingin.Metode ini dapat membatasi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Pilih tirai berwarna gelap atau yang tidak tembus sinar matahari.

3. Membuka jendela dan pintu

Pada malam hari, Anda bisa membuka jendela dan pintu sebagai cara membuat kamar sejuk. Metode ini dapat membantu semilir angin malam yang sejuk masuk ke dalam ruangan.Namun, jangan buka jendela kamar terlalu lebar. Buka secukupnya saja supaya angin sepoi-sepoi dapat membuat ruangan yang Anda tempati lebih segar dan sejuk.

4. Menempatkan es atau air dingin di dekat kipas angin

Kipas angin dapat menjadi alternatif cara membuat ruangan sejuk dan dingin selain AC. Namun, kipas angin mungkin tidak banyak membantu saat hawa terasa sangat panas.Solusinya, Anda bisa menempatkan es di dekat kipas sebagai cara membuat ruangan sejuk dan dingin karena angin yang ditiupkan dapat terasa lebih sejuk.

5. Menggunakan exhaust fan

Exhaust fan adalah kipas angin yang dapat mengeluarkan uap dan meningkatkan sirkulasi udara di ruangan. Anda bisa menggunakannya sebagai cara membuat ruangan dingin dan menghilangkan pengap dari dalam ruangan.

6. Mematikan semua peralatan elektronik

Semua peralatan elekronik dapat mengeluarkan panas. Anda dapat mematikan alat elektronik selain AC sebagai cara mendinginkan ruangan.Mengganti bola lampu dengan lampu LED juga dapat membantu mengurangi suhu ruangan. Terlebih lagi, lampu LED lebih hemat energi sehingga bisa menghemat tagihan listrik.

Baca Juga

Inilah Manfaat Tidur untuk Tubuh, yang Sering DiabaikanSuara Hujan Bisa Membuat Mudah Tidur, Mitos atau Fakta?Cara Mengajarkan Tidur Sendiri pada Anak dan Manfaatnya

Manfaat ruangan yang sejuk bagi kesehatan Anda dan keluarga

Selain membuat Anda lebih nyaman, ruangan yang sejuk juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

1. Membakar kalori

Kondisi ruangan yang dingin bisa memicu pembakaran jenis lemak tubuh tertentu untuk membantu menghangatkan tubuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membuat kamar Anda menjadi lebih dingin dengan berbagai cara di atas.

2. Mengurangi peradangan dan meningkatkan pemulihan otot

Sama halnya seperti kompres dingin, kondisi ruangan dingin berpotensi mengurangi peradangan dan meningkatkan pemulihan otot. Namun, jika suhu dingin berasal dari angin, waspadai tiupan langsung angin tersebut pada tubuh Anda karena berisiko membuat otot kaku.

3. Mencegah serangga pembawa penyakit

Serangga-serangga pembawa penyakit, seperti nyamuk dan kecoa, cenderung tidak betah berada di lingkungan dingin. Maka dari itu, berbagai cara membuat ruangan sejuk dan dingin di atas dapat membantu lingkungan rumah Anda menjadi lebih sehat.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Kamar yang sejuk dan dingin dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Saat Anda bersiap untuk tidur, suhu tubuh mendingin secara alami.Suhu ruangan yang dingin dapat membantu Anda mendinginkan tubuh lebih cepat sehingga menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik. Anda pun bisa tidur lebih nyenyak dan lama. Dilansir dari Sleep Foundation, suhu ruangan terbaik untuk tidur adalah sekitar 18,3 derajat Celcius.Namun, pada kelompok tertentu, seperti orang tua, anak-anak, dan orang yang memiliki penyakit kronis, suhu ruangan yang disarankan adalah lebih dari 18 derajat Celcius.Itulah cara-cara mendinginkan ruangan sekaligus manfaatnya bagi kesehatan Anda dan keluarga. Jika Anda merasakan ketidaknyamanan yang berlebihan akibat suhu ruangan yang panas, seperti gatal-gatal, lemas, sesak napas, dan sebagainya, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *