16 Makanan yang Bagus untuk Kulit Wajah Sehat dan Cerah Bersinar

Makanan yang bagus untuk kulit dapat dikonsumsi sebagai cara merawat kulit sehari-hari. Makanan sehat untuk kulit, seperti alpukat, salmon, sayuran hijau, hingga tomat mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kulit. Dengan ini, kulit wajah bisa sehat dan cerah bersinar.


Aby Rachman Ditinjau oleh dr. Karlina LestariMakanan yang bagus untuk kulit dapat dikonsumsiBerbagai makanan sehat untuk kulit bisa dikonsumsi untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah bersinarTable of ContentMakanan yang bagus untuk kulit wajah sehat dan cerah bersinarMakanan yang tidak baik untuk kulit wajahCatatan dari SehatQCara merawat kulit tidak hanya mengoleskan produk perawatan kulit dari luar saja, melainkan juga perlu didukung dengan mengonsumsi makanan sehat agar nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat bekerja optimal dari dalam tubuh. Lantas, apa saja makanan yang bagus untuk kulit wajah sehat dan cerah bersinar? 

Makanan yang bagus untuk kulit wajah sehat dan cerah bersinar

Untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah bersinar, Anda perlu mengimbangi perawatan kulit sehari-hari dengan konsumsi makanan sehat untuk kulit. Pasalnya, dalam berbagai makanan yang sehat untuk kulit terdapat beragam nutrisi penting yang sayang dilewatkan, seperti protein, lemak sehat, antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral penting bagi kulit. Adapun berbagai makanan yang bagus untuk kulit wajah sehat dan cerah bersinar adalah sebagai berikut. 

1. Alpukat

Salah satu jenis makanan yang bagus untuk kulit wajah adalah alpukat. Buah yang bagus untuk kulit ini merupakan sumber lemak sehat. Lemak sehat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam menjaga kesehatan kulit. Sebuah riset yang dimuat dalam British Journal of Nutrition membuktikan bahwa mengonsumsi lemak sehat, termasuk dari buah alpukat, dapat membuat kulit terasa kenyal dan elastis. Lebih lanjut, sejumlah penelitian pada tahap awal menyatakan bahwa manfaat alpukat untuk kulit berasal dari beberapa senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Makanan yang bagus untuk kulit adalah alpukat

Alpukat merupakan buah yang bagus untuk kulitSeperti yang diketahui, paparan sinar ultraviolet (UV) pada kulit dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. Buah alpukat juga mengantongi vitamin E dan C yang baik sebagai sumber antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan peradangan. Selain itu, makanan untuk kulit sehat ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang disebut mampu memperbaiki warna kulit. 

2. Ikan berlemak

Makanan yang bagus untuk kulit selanjutnya adalah ikan berlemak. Namun, jangan salah sangka, ikan berlemak yang dimaksud adalah mengandung lemak baik dan sehat. Beberapa contoh ikan berlemak sebagai makanan sehat untuk kulit adalah salmon, mackerel, dan haring. Ikan berlemak kaya akan asam omega-3 baik untuk menjaga kesehatan kulit. Jika tubuh kekurangan asupan asam omega-3, kulit jadi rentan mengalami kemerahan, bahkan jerawat. Tak hanya itu, kulit juga lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Ikan salmon dan mackerel juga mengandung vitamin E yang baik sebagai sumber nutrisi untuk kulit. Asupan vitamin E yang cukup dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan peradangan.Selain itu, ikan berlemak mengandung nutrisi kulit lain, seperti zinc, yakni jenis mineral yang dapat mengendalikan peradangan, memproduksi sel kulit baru, serta menjadikan kulit lebih sehat.Ikan berlemak pun mengandung koenzim Q10, atau CoQ10, yakni sejenis vitamin yang secara alamiah ditemukan dalam tubuh. CoQ10 adalah nutrisi kulit yang dapat membantu pertumbuhan sel-sel sekaligus melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

3. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang bagus untuk kulit

Ubi jalar mengandung beta karoten tinggi yang bisa lindungi kulitSiapa sangka? Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sehat untuk kulit. Manfaat ubi jalar berasal dari kandungan beta karoten, yaitu sejenis karotenoid yang berfungsi sebagai sunblock alami, sehingga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta mencegah kulit kering, kulit keriput, dan kulit terbakar sinar matahari (sunburn). Mengonsumsi makanan yang bagus untuk kulit wajah dengan kandungan beta karoten tinggi, seperti ubi jalar, secara rutin juga dapat membuat kulit lebih sehat. 

4. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan sehat untuk kulit yang sayang dilewatkan. Brokoli mengandung nutrisi untuk kulit yang baik, seperti seperti zincvitamin A, hingga vitamin C.Salah satu jenis sayuran yang baik untuk kulit ini juga mengandung lutein, yakni karotenoid yang bekerja layaknya beta karoten. Lutein dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, penyebab kulit kering dan tampak keriput. Tak sampai di situ, brokoli juga mengandung senyawa yang disebut sulforaphane. Menurut hasil riset yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology dan laporan ilmiah dalam Seminars in Oncology, sulforaphane memberikan efek proteksi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Senyawa ini pun dilaporkan dapat memelihara kadar kolagen dalam tubuh.

5. Tomat

Manfaat tomat sebagai makanan yang bagus untuk kulit

Tomat bisa melindungi kulit dari kerusakan sinar matahariAnda mungkin sering mengonsumsi tomat sebagai makanan yang sehat untuk kulit. Makanan yang bagus untuk kulit ini mengandung nutrisi kulit wajah yang penting, seperti vitamin C dan karotenoid, termasuk likopen. Sama seperti beta karoten dan lutein, likopen juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Nutrisi untuk kulit wajah ini juga disebut dalam sejumlah hasil studi berpotensi dalam mencegah kerutan. Anda bisa mengonsumsi tomat dengan cara mencampurkannya bersama sumber lemak baik, seperti keju atau minyak zaitun. Lemak dapat mengoptimalkan penyerapan senyawa-senyawa karotenoid.

6. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan juga menjadi deretan makanan yang bagus untuk kulit wajah. Kacang-kacangan, seperti almond dan hazelnut, tinggi akan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Fungsi vitamin E untuk kulit dapat membantu mencegah kerusakan kolagen yang dibutuhkan oleh kulit. Vitamin E juga merupakan antioksidan kuat yang mampu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. 

7. Labu 

Tahukah Anda jika labu menjadi makanan sehat untuk kulit wajah? Labu mengandung beta karoten yang baik untuk melindungi kulit serta membuat kulit tampak cerah alami. 

8. Tahu

Tahu adalah makanan yang bagus untuk kulit

Konsumsi tahu rutin bisa menurunkan risiko kanker kulitTahu juga menjadi sumber makanan yang bagus untuk kulit wajah. Hal ini berkat kandungan isoflavon, yakni senyawa tumbuhan yang berpotensi baik untuk kulit. Sebuah riset kecil yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology melakukan penelitian terhadap responden wanita yang mengonsumsi kedelai isoflavon selama 8-12 minggu berturut-turut, hasilnya ternyata mampu mengurangi garis halus di wajah serta meningkatkan elastisitas kulit.Beberapa hasil penelitian lain juga menyebutkan bahwa isoflavon memiliki potensi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari sehingga menurunkan risiko terkena kanker kulit.Tahu juga merupakan makanan mengandung fitoestrogen, yakni suatu senyawa dalam tumbuhan yang memiliki struktur kimia mirip dengan estrogen dan dilaporkan dapat meniru cara kerja hormon ini.Selain tahu, sejumlah buah-buahan dan sayuran serta biji-bijian juga menjadi makanan mengandung fitoestrogen lainnya.

9. Paprika merah dan kuning

Sama seperti ubi jalar dan labu, paprika juga merupakan sumber beta karoten yang baik. Beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan mata, tulang, dan sistem imun.Sebagai sumber makanan sehat untuk kulit, paprika juga kaya akan vitamin C. Manfaat vitamin C penting bagi kulit untuk membentuk kolagen sehingga kulit akan sehat dan terasa kenyal. 

10. Dark chocolate

Dark chocolate disebut-sebut sebagai sumber makanan yang bagus untuk kesehatan kulit wajah. Memang, beberapa orang memilih menghindari makanan cokelat karena khawatir dapat menimbulkan jerawat. Padahal, bila mengonsumsi cokelat yang tinggi kakao (biji cokelat) serta rendah gula dan susu, ternyata baik untuk kesehatan kulit Anda. 

Dark chocolate bisa jadi makanan yang bagus untuk kulit

Pilihlah dark chocolate yang tinggi biji cokelat dan rendah gulaSebuah studi yang dimuat dalam jurnal Nutrients membuktikan bahwa mengonsumsi 20 gram dark chocolate tinggi antioksidan per hari dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) sebanyak 2 kali lipat, bila dibandingkan dengan makan cokelat rendah antioksidan.Beberapa studi lain menyebutkan bahwa ada perbaikan signifikan pada kulit yang keriput setelah mengonsumsi dark chocolate. Kendati demikian, ada satu riset yang belum memberikan hasil signifikan. Jika ingin mengonsumsi dark chocolate sebagai makanan sehat untuk kulit, pilihlah yang mengandung minimal 70% biji cokelat serta mengandung rendah gula untuk memperoleh manfaat yang maksimal. 

11. Buah anggur merah

Buah anggur merah juga menjadi jenis makanan yang bagus untuk kesehatan kulit. Buah yang bagus untuk kulit ini berasal dari kandungan resveratrol, yakni sejenis senyawa yang berasal dari kulit buah anggur merah. Manfaat resveratrol disebut mampu mengurangi efek penuaan. Sejumlah hasil studi kecil menyebutkan bahwa resveratrol mampu memperlambat produksi radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan munculnya tanda-tanda penuaan.  

12. Kiwi

Buah kiwi jadi makanan yang bagus untuk kulit

Kiwi mengandung vitamin C yang bisa melawan kerusakan akibat sinar UVTahukah Anda kalau buah kiwi mengandung vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk? Ya, kiwi merupakan makanan yang baik untuk kulit karena tinggi akan antioksidan di dalamnya. Seperti yang sudah diketahui, fungsi vitamin C dapat melindungi kulit dalam melawan kerusakan akibat sinar UV, memproduksi kolagen, dan membuat kulit terhidrasi dengan baik. Pastikan Anda mengonsumsi buah yang bagus untuk kulit ini saat sudah benar-benar matang agar mendapat manfaat antioksidan secara optimal. 

13. Sayuran hijau

Bicara soal makanan yang bagus untuk kulit, tidak ada yang lebih baik selain mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau, seperti kale dan bayam, merupakan jenis sayuran yang baik untuk kulit karena mengandung berbagai vitamin yang kaya akan antioksidan. Beberapa studi membuktikan bahwa orang yang makan 2-3 porsi sayuran hijau tiap minggunya akan mengalami penurunan risiko terkena kanker kulit. 

14. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang bagus untuk kulit

Yogurt mengandung bakteri baik yang ampuh lawan peradanganYogurt sebagai salah satu jenis makanan sehat untuk kulit memang bukan tanpa alasan. Tak hanya mengandung protein, yogurt merupakan makanan probiotik. Makanan probiotik disebut mengandung bakteri baik yang mampu melawan peradangan, termasuk peradangan yang berisiko memperburuk kondisi kulit, seperti jerawat, dermatitis atopik, hingga psoriasis. Probiotik juga dapat memperbaiki kulit kendur serta meningkatkan hidrasi kulit. Selain yogurt, Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung probiotik yang berasal dari kefir, kombucha, dan kimchi.

15. Biji rami (flaxseed)

Makanan yang menyehatkan kulit lainnya adalah biji rami (flaxseed). Biji rami kaya akan alpha-linolenic acid atau ALA, yakni sejenis asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada tanaman. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asam lemak omega-3 merupakan lemak sehat yang dapat mengurangi paparan efek berbahaya dari radiasi UV, asap rokok, hingga polusi udara. Manfaat mengonsumsi asupan asam lemak omega-3 dapat mengurangi jumlah keriput di wajah sekaligus mengatasi kulit kering. 

16. Teh hijau

Selain makanan yang bagus untuk kulit, konsumsi teh hijau

Manfaat teh hijau bisa menjaga kelembapan dan elastisitas kulitSelain mengonsumsi makanan sehat untuk kulit, ada jenis minuman yang dipercaya sebagai minuman paling sehat, yaitu teh hijau. Bagaimana tidak? Manfaat teh hijau mampu menjaga kesehatan organ dalam tubuh hingga melindungi kulit dari risiko kerusakan dan penuaan. Teh hijau kaya akan katekin, terutama jenis EGCG (epigallocatechin gallate).Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Antioxidants membuktikan bahwa teh hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi peradangan. Efek antimikroba dan antiradang tersebut dapat Anda rasakan dengan cara minum teh hijau atau mengoleskan lotion mengandung 2% teh hijau. Teh hijau juga dapat melembapkan kulit yang kasar serta menjaga elastisitas kulit. Selain itu, manfaat teh hijau untuk kulit dapat mengatasi penuaan dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam kulit. 

Makanan yang tidak baik untuk kulit wajah

Selain mengonsumsi berbagai jenis makanan yang membuat wajah glowing, Anda juga perlu membatasi dan menghindari konsumsi makanan yang tidak baik untuk kesehatan kulit. Berikut adalah berbagai makanan yang tidak baik untuk kesehatan kulit:

1. Makanan olahan

Makanan olahan merupakan salah satu dari makanan yang tidak baik untuk kulit wajah. Ada berbagai asal yang membuat konsumsi makanan olahan sebaiknya perlu dibatasi atau dihindari.Pasalnya, garam dan gula banyak ditemukan dalam sejumlah produk produk kemasan dan makanan olahan. Terlebih, makanan tidak baik untuk kulit tidak mengandung nutrisi yang baik untuk kulit. Mengonsumsi makanan ini terlalu banyak dapat memicu risiko dehidrasi dan peradangan. 

2. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

Makanan yang tidak baik untuk kulit berikutnya adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi. Misalnya, roti putih, keripik kentang, donat, nasi putih, dan minuman manis. Menghindari atau bahkan membatasi makanan dengan indeks glikemik tinggi baik bagi Anda yang memiliki masalah jerawat. Sebab, American Academy of Dermatology menyatakan bahwa konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mengurangi masalah jerawat secara signifikan dalam beberapa pekan. 

3. Produk olahan susu

Pada beberapa kondisi tertentu, mengonsumsi olahan produk susu dapat meningkatkan risiko peradangan dalam tubuh sehingga memicu stres oksidatif yang memunculkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Namun, kondisi ini belum tentu dialami oleh semua orang. Beberapa hasil studi ada yang menyebutkan bahwa sejumlah orang mungkin sensitif terhadap produk olahan susu dan mengalami jerawat parah saat mengonsumsinya. 

4. Makanan penyebab alergi

Bagi Anda yang punya riwayat alergi tertentu, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Dengan demikian, reaksi alergi, seperti kulit kemerahan hingga ruam, tidak kambuh.Anda yang mencurigai jenis makanan tertentu jadi penyebab masalah kulit yang dialami, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter mungkin akan melakukan serangkaian tes untuk mengetahui diagnosis alergi yang Anda alami.

Baca Juga

Ingin Kulit Sehat Terawat? Coba Konsumsi Vitamin Kulit Kering IniRagam Kandungan Chia Seed yang Dicintai Banyak Orang4 Kandungan Cream Pemutih Wajah Berbahaya yang Perlu Dihindari

Catatan dari SehatQ

Makanan yang sehat untuk kulit di atas bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Jangan lupa untuk memvariasikan makanan di atas dengan asupan nutrisi sehat lain agar memiliki kulit sehat serta asupan nutrisi tubuh yang beragam.Pastikan Anda juga mengimbangi makanan untuk kesehatan kulit di atas dengan pola hidup sehat lainnya, seperti memperbanyak minum air putih. Air putih membuat kulit Anda terasa lembap serta membuat garis-garis halus dan kerutan tersamarkan.
Minum air putih yang cukup juga dapat membantu sel-sel kulit menyerap nutrisi dan menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Hal tersebut juga membantu menjaga kulit Anda tetap cerah. Minumlah delapan gelas air putih setiap hari.Penting pula untuk melakukan istirahat yang cukup serta rajin berolahraga agar hasilnya optimal. Jika masih punya pertanyaan seputar makanan yang baik untuk kulit, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.

https://www.sehatq.com/artikel/pilihan-nutrisi-untuk-kulit-sehat-apa-saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *