Contoh Penerapan Ergonomi Kerja di Kantor dan Manfaatnya

Pengertian ergonomi kerja adalah studi tentang orang-orang di lingkungan kerjanya. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko cedera dan ketidaknyamanan di tempat kerja, misalnya gangguan muskuloskeletal. Contohnya dapat berupa melatih postur tubuh yang baik saat bekerja.


Nenti Resna Ditinjau oleh dr. Reni UtariTujuan ergonomi kerja adalah menghilangkan atau meminimalisir ketidaknyamanan atau gangguan di tempat kerjaPenerapan ergonomi kerja di kantor dapat mencegah berbagai masalah di tempat kerjaTable of ContentContoh penerapan ergonomi kerja di kantorManfaat penerapan ergonomi di tempat kerjaMenurut Dewan Eksekutif Asosiasi Ergonomi Internasional, pengertian ergonomi adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan pemahaman mengenai interaksi antara manusia dan elemen-elemen lainnya pada suatu sistem, serta profesi yang menerapkan teori, prinsip, data, dan metode untuk melakukan rancangan dalam rangka mengoptimalkan kesejahteraan manusia dan keseluruhan kinerja sistem.Secara singkat, pengertian ergonomi adalah studi tentang orang-orang di lingkungan kerjanya. Seorang ahli ergonomi dapat merancang atau memodifikasi suatu pekerjaan agar sesuai dengan pekerjanya.Tujuan ergonomi kerja adalah untuk meningkatkan produktivitas dan keselamatan kerja, serta menghilangkan ketidaknyamanan , kelelahan, dan risiko cedera akibat pekerjaan yang dijalani.

Contoh penerapan ergonomi kerja di kantor

Tujuan ergonomi di tempat kerja yang utama adalah mengurangi risiko gangguan muskuloskeletal (MSD), misalnya sindrom terowongan karpal (CTS), tendinitis, otot tegang, hingga diskus pecah. Gangguan muskuloskeletal adalah cedera kumulatif dan kronis dari otot, tendon, ligamen, saraf, sendi, dan pembuluh darah .Pencegahan gangguan muskuloskeletal melalui penerapan ergonomi di tempat kerja dapat membantu mencegah berbagai kerugian, seperti penurunan produktivitas, kehilangan waktu atau pendapatan, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa contoh ergonomi di tempat kerja yang sederhana, tapi sangat bermanfaat.

1. Melatih postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang baik bukan hanya sekadar posisi yang nyaman untuk bekerja atau posisi yang menurut Anda benar, melainkan mempertimbangkan postur tubuh yang benar dan mengurangi risiko gangguan muskuloskeletal dalam jangka panjang.

2. Menggunakan teknik yang benar

Jika pekerjaan Anda melibatkan pengangkatan barang-barang, pastikan Anda telah terlatih dalam mengangkat barang secara manual dan mempelajari teknik mengangkat yang tepat sebagai bentuk dari penerapan ergonomi di tempat kerja. Gunakan lutut Anda saat mengangkat barang, bukan menggunakan otot-otot di punggung.

3. Memberikan batasan dan penyesuaian

Contoh ergonomi di tempat kerja lainnya yang sederhana adalah membatasi gerakan berulang. Mengulangi gerakan yang sama secara terus-menerus dapat menyebabkan otot-otot tubuh Anda tegang.Anda dianjurkan untuk melakukan pekerjaan ini secara bergantian dan memastikan untuk melakukan beberapa jeda istirahat. Anda dapat melakukan peregangan saat istirahat atau melakukan latihan sederhana untuk mencegah otot dan tendon Anda tegang..

4. Memastikan pengaturan komputer dengan baik

Ergonomi kerja juga dapat diterapkan pada komputer atau laptop Anda di kantor. Penempatan mouse dan keyboard harus berada pada ketinggian yang sama, serta diposisikan supaya pergelangan tangan Anda tetap lurus.Anda juga perlu memastikan bahwa berat lengan ditopang dengan sandaran tangan atau kursi, serta semua peralatan lainnya harus berada dalam jangkauan tangan Anda.

5. Melindungi mata Anda

Mata tegang merupakan salah satu masalah kesehatan umum bagi pekerja yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop. Untuk menghindari atau meminimalisir masalah ini, Anda bisa posisi monitor supaya sejajar dengan mata saat duduk tegak di kursi.Pastikan monitor tidak miring saat Anda lihat secara langsung dan jarak pandang Anda sudah sesuai. Jika Anda duduk dekat jendela, tempatkan monitor pada posisi yang tepat untuk mengurangi glare akibat sinar matahari.Anda juga sebaiknya mengganti monitor dengan resolusi gambar yang rendah atau berkedap-kedip supaya tidak mengganggu kesehatan mata.

6. Memilih kursi yang tepat

Pekerja yang menghabiskan waktu di meja sepanjang hari membutuhkan kursi ergonomis dengan berbagai pengaturan postur duduk yang baik. Misalnya, ada pengaturan ketinggian, memiliki sandaran yang nyaman, terdapat penyangga pinggang, dan lain sebagainya.Pekerja dengan disabilitas tertentu mungkin memerlukan jenis kursi berbeda sebagai penerapan ergonomi kerja yang mendukung kenyamanan mereka.

Baca Juga

Glutamin sebagai Asam Amino, Adakah Manfaatnya untuk Bangun Massa Otot?5 Penyebab Rematik di Usia Muda yang Harus DiwaspadaiMengenal Penyebab Arthritis alias Radang Sendi, Benarkah Faktor Genetik Berperan?

Manfaat penerapan ergonomi di tempat kerja

Produktrivitas kerja

Penerapan ergonomi dapat meningkatkan keterlibatan karyawanBerikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan penerapan ergonomi di tempat kerja.

1. Mengurangi biaya

Penerapan ergonomi di tempat kerja dapat mencegah gangguan muskuloskeletal yang mungkin membutuhkan biaya pengobatan mahal.Dengan mencegah gangguan ini, perusahaan dan pekerjanya dapat melakukan penghematan biaya kesehatan yang signifikan.

2. Meningkatkan produktivitas kerja

Ergonomi kerja juga dapat menjadi solusi terbaik dalam meningkatkan produktivitas kerja. Penerapan ergonomi di tempat kerja memungkinkan pekerjanya mendapatkan lingkungan atau tempat kerja yang lebih kondusif dan efisien.

3. Meningkatan kualitas kerja

Saat pekerjaan terlalu membebani pekerjanya secara fisik, mereka dapat semakin rentan untuk melakukan kesalahan dan tidak bisa menghasilkan pekerjaan sesuai standar yang ditentukan.Penerapan ergonomi di tempat kerja dapat membantu para pekerjanya dalam meningkatkan kualitas pekerjaan mereka tanpa hambatan.

4. Meningkatkan keterlibatan karyawan

Ergonomi kerja dapat menjaga kebugaran dan kesehatan karyawan sehingga mereka tidak cepat mengalami kelelahan atau gangguan saat bekerja.Pada akhirnya, ketidakhadiran karyawan dapat dikurangi, keterlibatan karyawan bisa meningkat, dan bahkan berpotensi menurunkan angka pergantian karyawan.Itulah contoh dan manfaat ergonomi kerja bagi karyawan dan perusahaan. Penerapan ergonomi di tempat kerja menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keselamatan dan kesehatan sebagai hal penting untuk para pekerjanya.Empat manfaat ergonomi kerja di atas juga dapat menghasilkan budaya keselamatan dan kesehatan yang lebih kuat, serta menghasilkan kinerja karyawan yang lebih baik bagi perusahaan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

https://www.sehatq.com/artikel/contoh-penerapan-ergonomi-kerja-di-kantor-dan-manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *