Menilik Kandungan Gizi dan Bahaya Kesehatan di Balik Nikmatnya Saus Mentai

Saus mentai adalah gabungan antara mayones dan telur ikan. Saus ini kerap digunakan sebagai campuran beberapa jenis masakan, seperti mentai rice, sushi, hingga dimsum. Berhubung menggunakan mayones, konsumsinya perlu dibatasi. Pasalnya, mayones punya kalori yang tinggi.


Yanita Nur Indah Sari Ditinjau oleh dr. Karlina Lestarisaus mentai adalahSaus mentai terbuat dari campuran mayones dan telur ikanTable of ContentApa itu mentai?Kandungan gizi dan manfaat mentai bagi kesehatan Apa bahaya saus mentai bagi kesehatan?Tips agar kreasi mentai lebih sehatCatatan dari SehatQSiapa yang tidak kenal saus mentai? Kondimen makanan yang sedang digandrungi di Indonesia ini dapat Anda nikmati dengan berbagai variasi makanan, seperti sushi mentai, salmon mentai rice, hingga dimsum mentai. Di balik kelezatannya, mentai memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat sekaligus berbahaya jika terlalu banyak. Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Apa itu mentai?

Mentai adalah saus yang terbuat dari campuran telur ikan pollock atau ikan kod dan mayones. Mengingat ketersediaan telur ikan kod dan telur ikan pollock cukup langka, banyak orang menggantinya dengan telur ikan terbang (tobiko).Mentai memiliki tekstur yang lembut dengan warna kuning kemerahan. Di Indonesia sendiri, mentai banyak dimodifikasi menggunakan bahan tambahan agar lebih terasa dan sesuai dengan lidah pribumi.Saus mentai bisa dikombinasikan oleh berbagai macam protein hewani, seperti salmon, daging, seafood, atau ayam.Bahkan, kini semakin banyak variasi makanan dengan saus mentai, seperti nasi salmon mentai, sushi mentai, dimsum mentai, pasta mentai, hingga martabak mentai. 

Baca Juga

Berkenalan Dengan Ashitaba, Seledri Jepang yang Baik untuk Program Diet Rendah Kalori AndaIni Tips Mengatur Pola Makan Sehat Berdasarkan UsiaMakanan untuk Mempercepat Penyembuhan TBC, Apa Saja?

Kandungan gizi dan manfaat mentai bagi kesehatan 

Saus mentai adalah kombinasi mayonaise dan telur ikan

Saus mentai adalah kombinasi mayonaise dan telur ikanMakanan mentai memiliki kandungan nutrisi yang beragam dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Dalam 25 gram saus mentai mengandung 32 kalori, 5,25 gram protein, serta kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin B12 dan niasin.  Berikut ini kandungan nutrisi dan manfaat saus mentai bagi kesehatan berdasarkan bahan utamanya. 

1. Telur ikan

Telur ikan menjadi bahan utama dalam pembuatan saus mentai. Baik telur ikan pollock, ikan kod, maupun ikan terbang (tobiko) memiliki kandungan protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan. Protein dalam telur ikan diketahui berasal dari komponen asam amino yang berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Omega-3 yang juga terdapat dalam produk ikan lainnya mampu mengendalikan peradangan, serta baik untuk kesehatan jantung, hormon, dan sistem kekebalan tubuh. Telur ikan juga kaya akan vitamin B12 yang memiliki berbagai fungsi bagi tubuh seperti sintesis DNA, produksi energi, pengembangan sel darah merah, dan transmisi saraf. Meski begitu, beberapa telur ikan, seperti tobiko diketahui memiliki kandungan kolesterol tinggi. Itulah sebabnya konsumsi tobiko dalam jumlah berlebihan tidak dianjurkan. Konsumsi saus mentai yang banyak mengandung tobiko bisa meningkatkan risiko naiknya kadar kolesterol.

2. Mayones 

Mayones terbuat dari campuran minyak, kuning telur, dan cairan asam, seperti lemon atau cuka. Dalam satu sendok makan mayones, mengandung 94 kalori, 10 gr lemak, dan 0,1 gr protein. Meskipun tergolong makanan tinggi kalori, lemak yang terkandung dalam mayones tergolong lemak sehat. Dalam jumlah sedang, mayones aman dikonsumsi.Selain kedua bahan utama di atas, penggunaan cabai dan rempah-rempah dalam saus mentai juga menambah cita rasa dan nutrisi saus mentai. Selain itu, tambahan bahan utama dalam makanan mentai seperti ikan salmon, tuna, ayam, seafood, sayuran, dan telur juga turut  menambah kandungan nutrisi di dalamnya. 

Baca Juga

Jenis Makanan Tinggi Serat yang Wajib Anda Santap4 Manfaat Kulit Jeruk yang Belum Banyak Orang TahuTes Kolesterol, Pemeriksaan Penting untuk Antisipasi Penyumbatan Pembuluh Darah

Apa bahaya saus mentai bagi kesehatan?

Kalori tinggi dalam mayonaise membuat mentai berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak

Kalori tinggi dalam mayonaise membuat mentai berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyakSesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan, termasuk konsumsi mentai. Meskipun enak, konsumsi mentai dalam jumlah banyak dan sering dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Mentai yang Anda beli di pasaran kemungkinan besar memiliki kandungan natrium atau sodium, lemak, dan kalori yang tinggi. Hal ini berasal dari bahan-bahan yang digunakan seperti tambahan garam, mayones, keju, hingga makanan pelengkap saus mentai seperti sushi atau dimsum.Misalnya saja, kalori dalam sushi mentai tentu lebih besar dibandingkan dengan kalori sushi biasa. Terlebih, mengutip Mayo Clinic, sushi dengan tambahan bumbu, mayones, dan bahan yang digoreng, seperti tempura turut menambah kalori di dalamnya. Tingginya kandungan natrium, lemak, dan kalori tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti hipertensi dan penyakit jantung. Anda juga berisiko mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, telur ikan pollock dalam mentaiko juga memiliki kandungan purin dalam kategori sedang pada setiap 100 gram penyajiannya. Artinya, konsumsi makanan mentai berlebihan juga bisa menyebabkan risiko peningkatan kadar asam urat dalam darah. Hal ini membuat Anda berisiko mengalami asam urat (penyakit gout). Jika dirangkum, konsumsi makanan dengan saus mentai secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko beberapa kondisi, seperti:

  • Kolesterol tinggi
  • Kenaikan tekanan darah
  • Penambahan berat badan
  • Asam urat
  • Penyakit jantung

Baca Juga

Manfaat Tahitian Noni, Minuman Tropis yang Menyehatkan TubuhAneka Manfaat Buah Nanas yang Tak Pernah Anda SangkaManfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan, Kenali Nutrisi yang Terkandung

Tips agar kreasi mentai lebih sehat

Dokter Reni Utari dari SehatQ menyatakan, “Sebenarnya mengonsumsi mentai aman-aman saja selama diolah dengan benar. Namun, berhubung mayones dalam saus mentai tinggi kalori, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakannya.”Meski telah membatasi jumlah mayonesnya, Anda juga tetap tak dianjurkan makan mentai banyak-banyak. Tetap sesuaikan dengan kebutuhan kalori per hari.Secara umum, kebutuhan kalori pria dewasa adalah 2.500 kalori, sedangkan perempuan dewasa adalah 2.000 kalori. Dibagi ke dalam 3x makan, Anda mungkin hanya perlu sekitar 500-800 kalori setiap kali makan.Selain itu, beberapa tips berikut mungkin bisa Anda ikuti untuk membuat mentai yang lebih sehat:

  • Gunakan mayones yang terbuat dari minyak nabati, seperti minyak kedelai atau minyak kanola
  • Hindari untuk menambahkan gula atau garam terlalu banyak
  • Kombinasikan dengan makanan yang tinggi protein dan serat, seperti salmon, dada ayam, jamur, kacang-kacangan, atau sayuran
  • Hindari menambahkan saus mentai pada makanan yang digoreng
  • Jangan memanggang mentai terlalu lama 

“Untuk salmon yang digunakan dalam makanan mentai, pastikan salmon masih segar dengan warna oranye cerah merata dan tidak berlendir,” tambah dr. Reni.Mengingat mayones punya kalori yang lumayan tinggi, dr. Reni juga menyarankan untuk pemilihan karbohidratnya. “Akan lebih baik jika beras yang digunakan dalam makanan mentai berasal dari beras rendah kalori, seperti shirataki.”

Catatan dari SehatQ

Mentai adalah kondimen makanan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi, bisa dibilang, hampir segala jenis makanan cocok dengan saus mentai. Namun, Anda tetap harus memperhatikan asupannya. Apalagi, mentai dibuat dari bahan yang juga punya kalori tinggi.Konsumsi makanan mentai dengan tepat dan tidak berlebihan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Jika masih ada pertanyaan seputar saus mentai dan kandungan gizinya, Anda bisa berkonsultasi secara online menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!

https://www.sehatq.com/artikel/kandungan-gizi-saus-mentai#catatan-dari-sehatq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *