Apakah Pengobatan Hernia Harus Melakukan Operasi?

“Hernia terjadi ketika ada tonjolan yang muncul karena jaringan atau dinding yang melemah. Dalam tahap tertentu, penyakit ini berpotensi berbahaya namun belum membahayakan nyawa sehingga bisa dilakukan pengobatan tanpa operasi.”

Apakah Pengobatan Hernia Harus Melakukan Operasi?

Halodoc, Jakarta – Hernia adalah kondisi ketika adanya tonjolan yang muncul pada organ. Ini terjadi karena jaringan yang melemah atau perlemahan pada dinding otot yang melapisinya.

Pada beberapa kasus, hernia terjadi karena seseorang mengangkat beban berat, batu berkepanjangan, kehamilan, dan mengalami operasi pada bagian tubuh yang rentan terserang hernia. 

Hernia bisa terjadi secara akut atau kronis, dengan ukuran yang beragam. Dalam tahap tertentu, penyakit ini bisa berbahaya sehingga pengidapnya perlu melakukan pengobatan untuk menghindari dampak negatif pada tubuh. Ketahui bahaya yang bisa muncul karena hernia dan cara pengobatan hernia yang tersedia berikut ini!

Bahaya Hernia yang Tidak Diobati Bagi Tubuh

Hernia berpotensi untuk menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius jika pengidapnya tidak menjalani pengobatan. Saat benjolan hernia tumbuh semakin besar, organ dan jaringan di sekitarnya akan mendapat lebih banyak tekanan dan muncul rasa nyeri. 

Selain itu, jika organ terperangkap di antara bagian tubuh lainnya, ada kemungkinan organ tersebut bisa gagal melakukan tugasnya. Dalam kasus tertentu organ juga bisa rusak secara permanen. Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan medis untuk mengatasi hernia secepatnya.

Bisakah Hernia Diobati Tanpa Operasi?

Sebelum memutuskan pengobatan hernia apa yang kamu akan lakukan, dokter akan melakukan diagnosis terlebih dulu. Hal ini dokter lakukan dengan mengenali gejala hernia dan menanyakan riwayat kesehatan kamu sebelumnya. Selain itu, dokter juga akan bertanya apakah ada obat tertentu yang kamu konsumsi dalam waktu dekat ini atau sedang kamu konsumsi. 

Hasil diagnosis ini akan menjadi bahan pertimbangan dokter untuk menentukan pengobatan hernia, apakah perlu untuk melakukan atau tidak. Jika tidak dokter anggap perlu, ada beberapa pengobatan untuk mengatasi hernia tanpa operasi, seperti berikut ini: 

1. Mengubah diet dan pola makan

Mengganti atau mengubah pola makan dapat membantu mengurangi tingkat keparahan gejala hernia, terlebih jika kamu mengidap hernia hiatus. Pilihlah makanan sehat dan higienis dan tidak merangsang terjadinya asam lambung berlebihan. Pasalnya, gangguan pencernaan bisa memperparah kondisi hernia yang sedang kamu hadapi. 

Atur pola porsi makan supaya tidak berlebihan. Tidak kalah pentingnya, jangan sampai kamu langsung membungkuk atau bahkan berbaring setelah makan. Selain itu, penting untuk kamu ketahui bahwa merokok dan menjaga berat badan tetap ideal juga menjadi kunci untuk mencegah hernia berkembang lebih buruk. 

2. Olahraga

Secara umum, olahraga memberikan efek positif terhadap kesehatan tubuh. Namun, khusus untuk pengidap hernia, jenis olahraga yang kamu lakukan juga tidak bisa sembarangan, karena harus disesuaikan agar tidak membuat kondisi semakin parah.

Salah satu jenis olahraga yang ahli medis rekomendasikan adalah yoga. Hindari melakukan olahraga yang melibatkan mengangkat beban berat, menarik atau mendorong. Jika terjadi pertambahan ukuran atau rasa nyeri ketika berolahraga, segera periksakan ke dokter. 

3. Mengonsumsi obat

Pilihan pengobatan hernia tanpa operasi yang terakhir adalah mengonsumsi obat-obatan. Biasanya, dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu sesuai dengan gejala spesifik yang kamu rasakan. Jika kamu mengidap hernia hiatus, rasa tidak nyaman bisa berkurang setelah mengonsumsi obat untuk asam lambung. 

Jika kamu mengidap hernia jenis lainnya, konsumsi obat anti inflamasi non-steroid bisa membantu meringankan keluhan dan rasa tidak nyaman. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak tentang Lima Golongan Obat NSAIDS, Fungsi, dan Efek Sampingnya.

Itulah beberapa metode pengobatan hernia yang bisa kamu pertimbangkan. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan tentang penyakit ini, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

https://www.halodoc.com/artikel/apakah-pengobatan-hernia-harus-melakukan-operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *