bocoran admin jarwo
admin jarwo
https://themes.psdcenter.com/slot-gacor/
https://martsavvy.com/
slot dana
slot ovo
Inilah Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil – RS Panti Secanti
Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'fop_enqueue_conditional_scripts' not found or invalid function name in /home/u7125632/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 324

Inilah Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

“Saat menjaga kulit selama kehamilan, pilih produk yang aman untuk ibu hamil dan bayi. Nah, beberapa kandungan skincare yang bisa bumil coba antara lain niacinamide, vitamin C, dan hyaluronic acid.”

Inilah Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Menjalani kehamilan membuat ibu mengalami banyak perubahan pada tubuh, mulai dari perubahan bentuk tubuh hingga munculnya permasalahan kulit. 

Ada beberapa masalah kulit yang kerap dialami ibu hamil, contohnya munculnya jerawat, kulit kering, atau munculnya melasma. Sayangnya, masalah kulit ini kerap menurunkan rasa percaya diri ibu hamil.

Nah, penggunaan skincare menjadi cara yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, ibu harus selektif dalam memilih skincare yang aman selama masa kehamilan.

Pentingnya Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, ibu mungkin sangat memperhatikan apa yang kamu konsumsi ke dalam tubuh. Namun, apa yang ibu aplikasikan pada tubuh juga perlu diperhatikan, contohnya produk perawatan kulit.

Beberapa bahan yang terdapat dalam produk skincare dapat terserap ke dalam alirah darah. Nah, apabila terdapat bahan atau kandungan yang berbahaya, ini bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan janin. Namun, butuh penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah bahan-bahan ini terbukti berbahaya atau tidak. 

Berikut ini beberapa kandungan skincare yang berpotensi menyebabkan komplikasi selama kehamilan:

  • Retinol.
  • Hydroquinone.
  • Formaldehyde.
  • Phthalates.
  • Salicylic acid dosis tinggi.

Bahan-bahan ini perlu ibu hindari karena berbagai alasan. Misalnya retinol, retinol dapat berkontribusi pada tingginya kadar vitamin A dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius pada janin, yaitu sindrom retinoid janin.

Kondisi ini bisa terjadi karena penggunaan retinoid atau retinol selama kehamilan. Jika bayi mengalami sindrom retinoid, ia akan mengalami masalah dalam perkembangan fisik dan mentalnya. Baik penggunaan oral maupun topikal dapat berisiko menyebabkan kondisi ini.

Jika ibu biasanya menggunakan produk skincare dengan kandungan tersebut, sebaiknya hindari selama masa kehamilan. Alternatifnya beralihlah menggunakan skincare yang aman untuk ibu hamil dengan kandungan yang organik dan lembut. 

Alangkah lebih baik juga, bila ibu konsultasikan ke dokter kulit sebelum menggunakan produk kecantikan.

Ketahui Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami munculnya jerawat hormonal atau kulit menggelap akibat perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan. Sebelum membeli produk skincare, ketahui kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil, yaitu:

1. Salicylic acid

Dilansir dari Medical News Today, kandungan salicylic acid aman digunakan ibu hamil setidaknya dua kali sehari. Banyak produk pembersih wajah dan toner yang mengandung bahan ini. Namun, sebaiknya gunakan produk dengan salicylic acid tidak lebih dari 2 persen.

Salicylic acid efektif untuk mengatasi jerawat dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit. Selain itu, salicylic acid memiliki kandungan antibakteri untuk mencegah munculnya komedo dan peradangan pada jerawat.

2. Grapeseed oil

Grapeseed oil juga menjadi kandungan pada skincare yang dapat digunakan saat ibu menjalani kehamilan. Umumnya, kandungan grapeseed oil banyak terdapat pada serum wajah dan minyak pada tubuh yang berfungsi untuk melembapkan kulit.

Sebaiknya gunakan grapeseed oil hanya untuk penggunaan luar saat hamil. Hindari mengonsumsi grapeseed oil dalam bentuk suplemen ketika sedang menjalani kehamilan. Ketahui juga manfaat lain dari grapeseed oil di sini, “Ini 3 Manfaat Grapeseed Oil untuk Kesehatan Tubuh.”

3. Hyaluronic acid

Mengalami kulit kering selama menjalani kehamilan dapat diatasi dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan hyaluronic acid. Kandungan ini cukup aman bagi ibu hamil dan tidak mempengaruhi kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan.

Tidak hanya ibu hamil, ibu menyusui pun bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan hyaluronic acid.

4. Niacinamide

Kandungan ini aman untuk ibu hamil karena berasal dari vitamin B3. Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengungkapkan, niacinamide adalah kandungan skincare yang mengandung antioksidan. 

Fungsinya mampu mengurangi hiperpigmentasi kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan elastisitas kulit. 

5. Titanium Dioxide

Kandungan ini banyak terdapat pada produk sunscreen karena mampu menangkal sinar ultraviolet yang berpotensi merusak kulit. 

Kandungan ini cukup aman untuk ibu hamil dan menyusui, pada area wajah maupun tubuh yang sering terpapar sinar matahari secara langsung.

6. Zinc Oxide

Kandungan zinc oxide juga banyak terdapat pada beberapa produk physical sunscreen. Kandungan ini tidak menyerap pada kulit, namun tetap berada pada permukaan kulit sehingga aman untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Jadi, jangan pernah melewatkan sunscreen sebelum beraktivitas.

7. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam produk skincare aman untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Vitamin C dapat berfungsi untuk meningkatkan kolagen pada kulit sehingga dapat membantu mengatasi bagian kulit yang menggelap.

Itulah kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Nah, kini dengan Halodoc ibu bisa mengakses skincare untuk ibu hamil secara lebih mudah dan pastinya terjamin originalitasnya. 

https://www.halodoc.com/artikel/inilah-kandungan-skincare-yang-aman-untuk-ibu-hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *