Inilah Berbagai Pantangan untuk Pengidap GERD

“Ada berbagai pantangan yang harus dihindari oleh pengidap GERD guna mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Makanan berlemak, pedas, dan minuman berkafein termasuk di antara pantangan yang sebaiknya dihindari agar asam lambung tidak meningkat.”

Halodoc, Jakarta – Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana isi lambung secara teratur bergerak kembali ke atas pipa makanan. Regurgitasi ini biasanya berlangsung lama dan bisa menimbulkan gejala yang tidak nyaman, termasuk mulas dan nyeri di perut bagian atas. Tingkat keparahan kondisi berhubungan dengan pola makan dan gaya hidup. 

Jika kamu memiliki penyakit GERD, pola makan adalah salah satu hal pertama yang akan ditanyakan dokter. Makanan tertentu cenderung memicu gejala GERD. Kamu mungkin memiliki makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi lagi. Jika kerongkongan rusak akibat GERD, hindari makanan yang bisa mengiritasi jaringan yang lebih sensitif dan merusaknya lebih lanjut. 

Makanan Pantangan Pengidap GERD

Makanan tertentu bisa memicu gejala GERD. Perlu diketahui, GERD adalah gangguan pencernaan, sehingga pola makan sering kali memengaruhi gejala GERD. Mengubah pola makan dan gaya hidup bisa mencegah atau mengelola kasus GERD. Berikut ini makanan yang sebaiknya dihindari pengidap GERD:

1. Makanan Tinggi Lemak dan Gorengan

Makanan berlemak umumnya menurunkan tekanan pada lower esophageal sphincter (LES) dan menunda pengosongan perut. Hal ini meningkatkan risiko gejala refluks. Untuk mencegah refluks, kurangi asupan lemak total. Berikut ini makanan berlemak tinggi yang perlu dihindari pengidap GERD, yaitu: 

  • Kentang goreng.
  • Keripik kentang.
  • Mentega.
  • Susu.
  • Keju.
  • Es krim;
  • Saus salad krim tinggi lemak.
  • Potongan daging merah berlemak tinggi, seperti sirloin atau iga.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas menyebabkan sakit perut dan sensasi terbakar jika kamu memiliki GERD. Sebenarnya paparan makanan pedas bisa memperbaiki gejala GERD jika kamu mengonsumsinya secara teratur dan terkontrol. 

3. Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah bagian penting dari diet. Namun, jenis tertentu mungkin membuat gejala GERD jadi lebih buruk. Berikut ini buah-buahan dan sayuran yang menjadi pantangan bagi pengidap GERD, yaitu: 

  • Nanas.
  • Buah jeruk.
  • Tomat dan makanan berbahan dasar tomat, seperti saus tomat.
  • Bawang putih dan bawah bombay.

4. Beberapa Jenis Minuman

Beberapa minuman umum juga bisa memicu gejala GERD sehingga pengonsumsiannya harus dibatasi, yaitu:

  • Alkohol.
  • Kopi dan teh.
  • Minuman berkarbonasi.
  • Jus jeruk dan tomat.

Dengan atau tanpa kafein, kopi bisa meningkatkan gejala refluks. Namun, beberapa orang dengan GERD mentoleransi kopi dengan baik. Perhatikan gejala dan hanya konsumsi minuman yang bisa ditoleransi dengan baik. 

Gejala GERD Bisa Dikelola dan Diobati

Gejala GERD sangat bisa dikelola dan diobati. Kamu bisa membeli obat bebas resep untuk mengobati GERD. Obat yang bisa digunakan termasuk antasida, seperti Gaviscon, yang menetralkan asam lambung. Pengidap juga bisa membeli penghambat reseptor H2, yang bisa menurunkan produksi asam lambung hingga 12 jam. 

Obat resep mungkin termasuk antasida yang lebih kuat, atau penghambat asam. Obat ini efektif mengurangi tingkat asam lambung. Asam ini bertanggung jawab atas sebagian besar penyerapan vitamin B12 dari makanan selama pencernaan, sehingga penggunaan antasida, PPI, atau penghambat reseptor H2 yang sering menyebabkan defisiensi B12. 

Mengenai penanganan GERD, baca juga lebih lanjut artikel ini: 4 Penanganan untuk Bantu Meredakan GERD

Makan dalam porsi yang lebih kecil dan menjaga postur tubuh tetap dalam posisi tegak setelah makan juga bisa mencegah gejala GERD. Cobalah untuk tertib menghindari makanan pantangan, seperti makanan berlemak tinggi, makanan pedas, dan buah-buahan, sayuran, dan minuman tertentu. 

Kamu juga bisa mengalami gejala GERD setelah minum obat atau suplemen tertentu. Jika kondisi ini terjadi, bicarakan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter mungkin merekomendasikan obat atau strategi alternatif untuk membantu mengelola gejala. 

https://www.halodoc.com/artikel/inilah-berbagai-pantangan-untuk-pengidap-gerd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *