bocoran admin jarwo
admin jarwo
https://themes.psdcenter.com/slot-gacor/
https://martsavvy.com/
slot dana
slot ovo
13 Manfaat Daun Sereh, Tak Hanya Bantu Mengusir Nyamuk – RS Panti Secanti

13 Manfaat Daun Sereh, Tak Hanya Bantu Mengusir Nyamuk

“Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari tanaman rempah, sereh. Tanaman ini mampu mengatasi kecemasan hingga stres dan menurunkan kolesterol.”

13 Manfaat Daun Sereh, Tak Hanya Bantu Mengusir Nyamuk
Halodoc, Jakarta – Tak hanya menyedapkan makanan, manfaat daun sereh bagi kesehatan pun sangat banyak. Daun ini memiliki bentuk seperti rumput tinggi, dan biasa berguna dalam masakan Asia Tenggara.

Batang dan umbi tanaman yang lebih rendah memiliki aroma lemon yang segar, yang terkadang juga ditambahkan ke dalam teh, bumbu marinasi, kari, dan kaldu. Selain penggunaannya sebagai penyedap rasa, daun dan minyak atsiri sereh juga berguna untuk tujuan pengobatan.

Manfaat Sereh untuk Kesehatan
Salah satu manfaat populer dari daun sereh adalah mengusir nyamuk. Sereh mengandung berbagai senyawa kimia seperti citronellal, geranial, dan neral. Senyawa-senyawa ini memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan bagi manusia, tapi nyamuk justru sangat tidak menyukainya.

Oleh karena itu, ketika sereh digunakan sebagai pengusir nyamuk, mereka akan menjauh dari area yang tercium aroma sereh.

Selain kandungan kimianya, sereh juga memiliki sifat repelan alami terhadap serangga, termasuk nyamuk. Ini berarti bahwa sereh dapat menghalau nyamuk tanpa membunuhnya, sehingga lebih ramah lingkungan dan aman digunakan di sekitar manusia.

Nah, selain bisa bantu usir nyamuk, sereh juga punya beberapa manfaat lain bagi kesehatan, lho. Daun sereh telah lama populer sebagai salah satu obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Seperti masalah pencernaan, stres dan kecemasan, infeksi dan nyeri, penyakit jantung, dan banyak lagi.

Daun ini juga merupakan sumber antioksidan dan sifat antimikroba yang hebat, dan juga menurunkan peradangan dalam tubuh. Bersamaan dengan itu, serai kaya akan vitamin dan mineral.

Berikut ini beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan
    Tanaman herbal ini membantu mengatasi masalah pencernaan, karena bertindak sebagai diuretik alami. Hal ini dapat membantu meredakan mual, sembelit, kembung, dan menenangkan perut, untuk menjaga fungsi sistem pencernaan.

Selain itu, melansir dari Journal of Young Pharmacists yang berjudul Investigation of the Mechanisms Underlying the Gastroprotective Effect of Cymbopogon Citratus Essential Oil, mengonsumsi sereh dalam bentuk teh atau minuman herbal juga bisa membantu menurunkan risiko tukak lambung.

  1. Membantu penurunan berat badan
    Manfaat lainnya untuk membantu penurunan berat badan. Sebab, daun ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang penting dalam upaya menurunkan berat badan.

Selain itu, tanaman ini mengandung senyawa polifenol dan kafein yang dapat meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak.

  1. Mengurangi kecemasan
    Tanaman herbal ini memiliki formula herbal yang dapat membantu meredakan kecemasan dan stres. Menghirup aroma daun atau minyak atsirinya dapat mengurangi kecemasan dan stres.
  2. Melindungi kesehatan jantung
    Manfaat lainnya adalah melindungi kesehatan jantung. Hal ini karena tanaman ini dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi, yang merupakan “musuh” bagi jantung.

Selain itu, daun sereh mengandung quercetin, flavonoid yang terkenal memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang melindungi kesehatan jantung.

Sebuah penelitian pada hewan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology and Research dengan judul Scientific basis for the therapeutic use of Cymbopogon citratus, stapf (Lemon grass) mengatakan, penggunaan ekstrak minyak sereh mampu menurunkan kolesterol yang bisa mengoptimalkan kesehatan jantung.

  1. Meningkatkan pertumbuhan rambut
    Daun sereh bisa jadi perawatan alami untuk pertumbuhan rambut yang efektif, dan membantu membuka folikel rambut. Daun ini adalah sumber vitamin A dan C, yang berfungsi sebagai nutrisi penting untuk kulit dan rambut.
  2. Sereh dapat mengatasi bekas jerawat
    Rempah ini memiliki sifat antibakteri yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya bisa membantu untuk memudarkan dan mengurangi bekas jerawat.

Cobalah untuk mencuci muka dengan air rebusan sereh. Kandungannya mampu membantu untuk membersihkan pori-pori serta kotoran pada kulit wajah.

  1. Menurunkan risiko kanker
    Tanaman rempah ini mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Ketika imun tubuh optimal, maka kondisi ini bisa membantu kamu dalam mencegah munculnya sel abnormal pemicu kanker dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang tertulis dalam jurnal Cymbopogon juga mengatakan, bahwa sereh memiliki kandungan antikanker yang bisa mencegah perkembangan dan pertumbuhan kanker.

  1. Sereh mampu mengatasi ruam kulit
    Tanaman ini memiliki sifat antiinflamasi di dalamnya. Kandungan tersebut mampu menenangkan kulit yang mengalami iritasi, kemerahan, atau ruam.

Kamu bisa mencoba untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung tanaman rempah ini agar bisa merasakan manfaatnya dengan baik.

Selain sereh, kamu bisa cari tahu manfaat selada untuk kecantikan melalui artikel ini → 13 Manfaat Selada untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Sereh bantu mengatasi sakit kepala
    Sakit kepala yang tidak kunjung membaik dapat menyebabkan gangguan aktivitas. Untuk meredakan kondisi ini, kamu nyatanya bisa menggunakan sereh.

Tanaman rempah ini memang terkenal sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi sakit kepala. Hal ini karena adanya kandungan senyawa euganol yang memiliki manfaat serupa aspirin. Hasilnya, sakit kepala akan membaik.

  1. Meredakan nyeri menstruasi
    Bagi wanita, mengalami nyeri menjelang menstruasi menjadi suatu kondisi yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Bahkan, kondisi ini kerap menyebabkan gangguan aktivitas.

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi air rebusannya untuk membantu meredakan nyeri menstruasi. Hal ini karena rempah ini bersifat antiinflamasi sehingga menurunkan peradangan dalam tubuh.

Agar rasanya lebih lezat, kamu juga bisa menambahkan madu atau lemon dalam rebusan sereh yang akan kamu konsumsi.

  1. Menurunkan kolesterol
    Apakah air rebusan serai bisa menurunkan kolesterol? Meskipun banyak yang mengatakan bahwa air rebusan rempah ini bisa membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi, tetapi penelitian lebih lanjut masih perlu untuk memastikan manfaat ini.

Menurut studi pada dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, pengonsumsian sereh dalam jumlah yang sesuai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Studi lebih lanjut masih perlu untuk memastikan khasiatnya pada manusia.

  1. Sereh mampu mengontrol tekanan darah
    Daun sereh mengandung potasium dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Pada gilirannya, ini dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.
  2. Diuretik alami
    Tanaman rempah ini terkenal sebagai diuretik alami. Diuretik membuat kamu lebih banyak mengeluarkan urine serta membersihkan tubuh dari kelebihan natrium dan cairan.

Kamu juga bisa cari tahu bahan rempah lainnya yang bisa menjaga kesehatan tubuh melalui artikel ini → Masih Jarang Diketahui, Ini 15 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Itulah pembahasan mengenai manfaat sereh untuk kesehatan. Meski bermanfaat, jangan gunakan daun ini sebagai pengganti pengobatan medis, ya.

https://www.halodoc.com/artikel/13-manfaat-daun-sereh-tak-hanya-bantu-mengusir-nyamuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *